Dosen Matematika UIN Jakarta Jadi Pembicara dan Moderator dalam Webinar Series di Matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Pada Kamis, 30 November 2023, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar seri webinar kedelapan mereka yang dinamakan “MATHEMATICS WEBINAR SERIES 8” dengan topik seputar penerapan teori grup dan ring dalam perkembangan kriptografi kunci publik serta peluang dan tantangan studi kuantitatif keagamaan di media sosial menjadi fokus utama diskusi.

Webinar diisi oleh Dr. Taufik Edy Sutanto, M.Sc.Tech., Ph.D., yang merupakan dosen Prodi Matematika FST UIN Jakarta. Pak Taufik membawakan topik tentang peluang dan tantangan studi kuantitatif keagamaan di media sosial. Pak taufik membawa wawasan yang dalam mengenai peran matematika dalam memahami dan menganalisis fenomena keagamaan yang berkembang di era digital ini. Diskusi yang dihadirkan oleh Pak Taufik tidak hanya memberikan wawasan baru, tetapi juga menantang paradigma para peserta terhadap hubungan antara matematika, teknologi, dan agama.

Selain itu, juga ada pemateri dari Matematika FST UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yaitu, M. Zaki Riyanto, M.Sc. yang mengupas secara mendalam mengenai penerapan teori grup dan ring dalam perkembangan kriptografi kunci publik.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting, Dr. Nina Fitriyati seorang moderator yang berpengalaman dari Matematika UIN Jakarta, memimpin jalannya acara dengan penuh keramahan dan profesionalisme. Beliau berhasil menggabungkan dua presentasi yang berbeda menjadi sebuah diskusi yang harmonis dan informatif, memastikan bahwa pertanyaan dari peserta dijawab dengan baik dan setiap aspek topik dibahas dengan seksama.

Dengan kesuksesan acara ini, diharapkan bahwa kolaborasi antarperguruan tinggi dalam mengadakan kegiatan serupa akan semakin intensif, memberikan ruang bagi pertukaran ide dan pengetahuan yang lebih luas dalam bidang matematika dan teknologi. Semoga, ilmu yang diperoleh dari acara ini dapat diimplementasikan secara nyata dalam pembangunan masyarakat yang lebih cerdas dan berdaya saing di era digital ini.

Leave a Reply