Himatika Mengajar

Himatika Mengajar, sebuah inisiatif dari mahasiswa aktif matematika UIN Jakarta, mewujudkan pengabdian pada masyarakat di daerah yang membutuhkan perhatian melalui kegiatan belajar mengajar. Sebelum melangkah ke lapangan, para relawan menjalani persiapan intensif, mulai dari pembekalan materi kerelawanan hingga sesi microteaching untuk memastikan kesiapan mereka. Terpilihnya beberapa relawan untuk ditempatkan di titik-titik tertentu disertai dengan penggunaan berbagai media pembelajaran. Selain memberikan ilmu, kegiatan ini juga berupaya memberikan bantuan donasi seperti alat tulis kepada masyarakat yang dibantu. Himatika Mengajar terus berlanjut, dengan para panitia yang menjalani acara pembekalan untuk membangun semangat tanpa pamrih sebelum pelaksanaan kegiatan di lokasi yang dituju. Acara pembekalan dilaksanakan pada tanggal 18 November 2023 dengan kehadiran pemateri-pemateri handal serta Pak Taufik Sutanto sebagai Keynote Speech.

Saat tiba pada tanggal 30 November hingga 3 Desember 2023, kegiatan Himatika Mengajar pun dimulai. Hari pertama ditandai dengan kedatangan para panitia di Desa Cibugel, persiapan barang-barang, dan pembukaan acara dengan kehadiran tokoh-tokoh penting seperti Pak Lurah, Pak RT, dan tokoh lainnya. Di hari kedua, panitia melakukan kerja bakti membantu warga sekitar dan mengadakan sesi mengaji bersama Pak Ustadz. Hari ketiga diisi dengan sesi pengajaran di SDN 02 Cibugel, bertujuan untuk memberikan motivasi kepada siswa agar semangat belajar mereka meningkat dan bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

Pada hari terakhir, para panitia bermain senam dan games bersama warga serta murid-murid dari SDN 02 Cibugel sebelum menutup kegiatan dengan kehadiran para tokoh penting yang turut serta dalam acara penutupan tersebut.

Melalui kegiatan Himatika Mengajar, harapan tumbuh bahwa dampak positif akan menjalar ke berbagai arah. Para relawan yang terlibat diharapkan dapat membawa perubahan yang berarti dengan ilmu yang mereka bagikan. Bagi masyarakat yang menerima bantuan dan pengetahuan, Himatika Mengajar bisa menjadi sinar harapan untuk masa depan yang lebih cerah. Semoga semangat pengabdian dari kegiatan ini tak hanya membawa manfaat jangka pendek, tetapi juga memberikan dorongan inspiratif bagi semua yang terlibat, mewujudkan perubahan positif yang berkelanjutan.

Leave a Reply